Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kelemahan Usaha Menjahit Di Zaman Serba Modern Saat Ini!

Kelemahan Usaha Menjahit

Umumnya setiap usaha mempunyai kelemahannya tersendiri apa pun itu bidangnya, termasuk menjahit. Kelemahan usaha menjahit tentu menjadi hal yang harus pengguna perhatikan, terlebih lagi ketika ingin menggeluti usaha tersebut.

Terlebih lagi ketika ingin menggeluti usaha menjahit, haruslah mengetahui beberapa kelemahan dari usaha tersebut. Berikut beberapa kelemahan dari usaha tersebut, diantaranya yaitu:

5 Kelemahan Usaha Menjahit Di Zaman Serba Modern Saat Ini!

1. Mulai Berkurangnya Minat Masyarakat

Kelemahan usaha menjahit yang pertama yaitu kurangnya minat masyarakat untuk memesan baju yang dijahit langsung. Pasalnya hal tersebut dipengaruhi oleh pendistribusian baju siap jadi di pasaran. Memungkinkan para pembeli berpikir dua kali untuk menjahit baju.

Faktor yang membuat minat dari masyarakat menurun juga diakibatkan dari penggunaan teknologi yang sudah semakin canggih. Hadirnya smartphone saat ini memudahkan para pembeli untuk membeli baju secara online. Terlebih lagi pilihan baju jadi yang ditawarkan sangat menarik dan beragam.

Hal ini tentu sangat berpengaruh besar terhadap turunnya minat masyarakat. Belum lagi sistem pembayaran yang kini diterapkan oleh beberapa aplikasi belanja online sudah bisa melakukan cicilan. Memungkinkan para pembeli lebih menyukai pembelian baju jadi.

2. Membutuhkan SDM yang Handal

Persaingan menjadi yang terbaik dalam bidang fashion atau pun jahit tentu terletak pada kualitas pakaian yang dihasilkan. Ketika seseorang memutuskan untuk membuka usaha menjahit maka, SDM yang handal sudah harus dimiliki. Pasalnya penjahit yang berkualitas dapat menghasilkan produk yang bagus.

Bayangkan jika seseorang mengambil penjahit yang amatiran dan belum handal maka, pakaian yang dihasilkan pun tidak maksimal. Hal ini akan membuat para pelanggan kecewa dan tidak akan lagi melakukan pesanan. Untuk mengantisipasinya, carilah minimal 1 orang yang handal.

3. Mampu Menjaga Kualitas

Selanjutnya kelemahan dalam usaha menjahit yang penting untuk diketahui yaitu untuk tetap menjaga kualitas, mengapa? Pasalnya, jika satu kali saja seorang penjahit menurunkan kualitasnya maka, pelanggan akan kecewa. Memungkinkan repeat order pun mustahil akan dilakukannya.

Hal inilah yang sebenarnya sulit untuk dijaga terlebih lagi persaingan antar penjahit yang ada. Beberapa penjahit lainnya tentu berlomba lomba meningkatkan kualitas sehingga bisa menjadi pilihan lain pelanggan. Untuk mengantisipasinya, pengusaha dapat memantau setiap produksi pakaian yang dikerjakan oleh penjahit.

4. Harga Bahan dan Produksi yang Mahal

Permasalahan dari usaha menjahit yang menjadi salah satu kelemahannya yaitu terletak di harga bahan dan produksi. Pasalnya pakaian yang dihasilkan dibuat melalui produksi yang membutuhkan listrik, mesin jahit dan sebagainya. Terlebih lagi saat orderan sepi maka, pendapatan tidak sesuai harapan.

Hal inilah yang membuat sebagian besar dari para pengusaha menjahit menjadi bingung. Jika keuntungan yang diambil sedikit maka, tidak akan cukup untuk membayar pengeluaran produksi. Sebaliknya jika menerapkan harga yang cukup tinggi maka, pelanggan pun akan berpikir ulang untuk order.

5. Waktunya Cukup Lama

Sebagian besar orang saat ini menyukai hal instan dan praktis dalam kehidupannya. Begitu juga dengan membeli pakaian, tidak sedikit yang langsung membeli pakaian jadi ketimbang menjahit. Inilah yang menyebabkan usaha jahit sedikit menurun dari waktu ke waktu.

Proses dalam membuat pakaian pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga untuk keperluan mendesak tidak bisa diandalkan. Hal itu dikarenakan tidak semua penjahit mampu untuk menyelesaikannya dalam waktu singkat. Terlebih lagi jika orderan si penjahit sedang banyak.

Itulah yang membuat sebagian besar orang malas untuk membuat baju ke tukang jahit. Sekarang cukup dengan membuka aplikasi di smartphone maka, pakaian yang diinginkan pun bisa didapat. Tidak butuh waktu lama dibanding dengan menjahitnya terlebih dulu.

Itulah penjelasan seputar kelemahan usaha menjahit yang harus sepenuhnya dipahami oleh para pemula. Jadi, pastikan sebelum memulai usaha untuk melakukan analisa terhadap resiko apa yang akan dihadapi. Namun meskipun begitu, banyak kelebihan lain dari usaha yang satu ini tentunya.

Posting Komentar untuk "5 Kelemahan Usaha Menjahit Di Zaman Serba Modern Saat Ini!"