Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Bermain Slime Khususnya untuk Perkembangan Anak

Manfaat Bermain Slime

Ternyata masih belum banyak orang tua yang tahu apa saja manfaat bermain slime untuk anak kecil. Ternyata main cairan lengket dan sangat kental ini ada beberapa manfaat pentingnya.

Slime termasuk salah satu cairan yang banyak dipakai untuk bermain dan pernah populer pada masanya. Terutama di acara TV anak luar negeri, ada banyak sekali acara yang memakai cairan lengket dan kental ini sebagai salah satu objek yang mengejutkan untuk menarik penonton TV.

Namun tidak hanya dipakai untuk mainan di acara besar saja. Jika Anda memiliki anak di rumah dan tidak tahu harus membelikan mainan apa, coba belikan cairan ini karena ada beberapa manfaat bermain slime yang sangat berguna dalam pertumbuhan otak dan kreatifitas.

Jika belum pernah tahu apa saja manfaatnya, pastikan Anda mempelajari beberapa manfaatnya berikut ini. Dengan begitu, tidak perlu lagi menganggap slime sebagai barang yang sulit didapatkan dan tidak seharusnya dimainkan oleh anak kecil.

4 Manfaat Bermain Slime untuk Anak

Anak yang masih kecil tentu sangat suka bermain. Namun ternyata tidak semua jenis mainan benar – benar baik untuk mereka. Itu sebabnya para orang tua harus mencari mainan yang bisa memberi manfaat pada anaknya. Seperti slime dengan beberapa manfaatnya berikut ini.

Merangsang Kreatifitas

Semua orang tua pasti sangat ingin anaknya kreatif dalam berpikir dan bertindak. Memang ada kreatifitas yang sudah ada sejak lahir, namun karena kemampuan setiap orang berbeda tentu harus ada anak yang pemikiran dan sikap kreatifnya dirangsang dulu dengan mainan.

Jadi manfaat utama dari mainan cairan ini adalah untuk merangsang kreatifitas, karena cairan ini bisa dibentuk dengan mudah sesuai dengan imajinasi. Jadi anak bisa berusaha membentuk sesuatu sesuai dengan objek di dalam pikirannya. Sehingga kreatifitas akan terus meningkat.

Merangsang Indera

Manfaat bermain slime lainnya adalah dapat merangsang indera. Pada anak kecil, indera peraba dan penglihatan mereka terkadang belum begitu bagus. Jadi sebaiknya dirangsang dengan diajak bermain cairan lengket ini lebih sering agar tangan mereka merasakan slimenya.

Selain indera peraba, indera penglihatan juga akan semakin terangsang karena mereka melihat slimenya saat bermain. Bentuk, tekstur dan warna pada cairan ini akan membantu pertumbuhan indera dengan baik, karena mereka akan terus memegang cairannya saat main.

Meningkatkan Keterampilan Motoric Halus

Tidak hanya itu, cairan ini juga bisa membantu meningkatkan keterampilan motoric halus. Alasannya adalah karena cairan ini memiliki tekstur lengket, sehingga ketika ingin dibentuk menjadi sesuatu, anak kecil harus sering menggenggam atau meremasnya sampai berubah.

Kekuatan dalam menggenggam dan meremas slime akan menjadi salah satu bantuan untuk keterampilan motoric halus. Tidak heran jika ada beberapa orang tua yang mencoba memberikan cairan ini sebagai mainan pada anaknya untuk mendapat manfaat bermain slime.

Membuat Anak Jadi Lebih Fokus

Anak juga akan menjadi lebih fokus saat bermain – main dengan cairan ini, karena mereka akan fokus berusaha membentuk sesuatu. Latih fokus mereka tidak hanya dalam belajar membaca saja namun juga saat bermain.

Bisa juga dengan meminta anak membentuk slime menjadi sesuatu yang Anda inginkan. Namun jangan terlalu susah terlebih dahulu agar bisa dibentuk dengan mudah oleh anak kecil.

Perkembangan pada anak kecil ternyata memang bisa dirangsang melalui mainan. Jadi mulai kini pastikan Anda sudah memahami apa saja manfaat bermain slime tersebut dan berikan mainannya pada anak agar mereka berkembang dengan baik.

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Bermain Slime Khususnya untuk Perkembangan Anak"